Sabtu, 12 September 2015

Faedahnya meminum kopii

Faedahnya meminum kopii


هذه هي الصوفية في حضرموت - للشيخعلي بابكر (ص: 56) وذكر رضي الله عنه عن شيخه الحبيب أبي بكر بن عبد الله العطاس أنه قال : كان السيد أحمد علي بحر القديمي يجتمع مع رسول الله يقظة ، فقال ك يا رسول الله أريد أن أسمع منك حديثاً بلا واسطة . فقال ك صلى الله عليه وسلم أحدثك بثلاثة أحاديث : الأول ، ما زال ريح قهوة البن في فم الإنسان تستغفر له الملائكة ، الثاني ، من اتخذ سبحة ليذكر الله بها كتب من الذاكرين الله كثيراً ، إن ذكر بها أو لم يذكر ، الثالث، من وقف بين يدي ولي لله حي أو ميت فكأنما عبد الله في زوايا الأرض حتى يتقطع إرباً أرباً. قال سيدي رضي الله عنه : وكان الحبيب أبو بكر بن عبد الله العطاس يقول : إن المكان الذي يُترك خالياً يسكنون فيه الجن ، والمكان الذي تفعل به القهوة لا يسكنونه الجن ولا يقربون


Faedahnya meminum kopiiSuatu ketika Sayyidina Ahmad bin Ali Bahr al-Qadimi jumpa dengan Nabi Muhammad Saw dalam keadaan terjaga. Ia berkata kepada Nabi Saw : Wahai Rasulullah, aku ingin mendengar hadits darimu tanpa perantara.
Sayyidina Nabi Muhammad Saw kemudian bersabda : Aku akan memberimu 3 hadits.
1. Selama bau biji kopi ini masih tercium aromanya di mulut seseorang, maka selama itu pula malaikat akan beristighfar (memintakan ampun) untukmu.
2. Barangsiapa yang menyimpan tasbih untuk digunakan berdzikir maka Allah akan mencatatnya sebagai orang yang banyak berdzikir, baik ia gunakan tasbihnya atau tidak.
3. Barangsiapa yang duduk bersama waliyullah yang hidup atau yang sudah wafat maka pahalanya sama saja dengan ia menyembah Allah di seluruh penjuru bumi.
Al-Habib Abu bakar bin Abdullah al-Aththos berkata : Sesungguhnya tempat yang ditinggalkan dalam keadaan sepi atau kosong maka jin akan menempatinya. Sedangkan tempat yang biasa digunakan untuk membuat hidangan kopi maka para jin takkan bisa menempati dan mendekatinya.
(Lihat dalam kitab Tadzir an-Nas hal 177)
(At-Tadzkir al-Mushthafa li Aulad al-Musthafa wa Ghairahum min Man Ijtbahu Allahu Washthafa karya al-Habib Abubakar al-Atthos dan Abdullah bin Alwi bin Zain al-Habsyi hal 117)

Memang sulit untuk percaya. Tapi pernahkah anda mengalami sesuatu yg setelah anda ceritakan pada org lain orang itu gk percaya, bahkan anda dicap sebagai pendusta.
Kalau pernah berarti anda tau jawabannya.
Allah berkehendak tanpa mengikuti apa dan siap
a. Yg penting jika hal aneh terjadi pada orang shaleh yg keshalehannya itu diakui oleh org di sekitarnya, maka kita harus percaya. Seperti hadits nabi pada ulama diatas. Hadits ini shahih tanpa bisa dibuktikan secara sanad, periwayatan, asbaabul wurud, dll. Keshahihannya ada pada keshalehan pribadi ulama/waliyullah yg memang nabi berbicara langsung padanya.


ini saya dengar dan di ijazahi oleh Al-Habib Muhammad Al-Baghir bin Alwy Al-Yahya dan Guru saya KH Muhyiddin Abdul Jabbar 



Dalam Tarikh Ibnu Toyyib dikatakan:

يا قهوة تذهب هم الفتى # انت لحاوى العلم نعم المراد

شراب اهل الله فيه الشفا # لطالب الحكمة بين العباد
حرمها الله على جاهل # يقول بحرمتها بالعناد
"Kopi adalah penghilang kesusahan pemuda, senikmat-nikmatnya keinginan bagi engkau yang sedang mencari ilmu. Kopi adalah minuman orang yang dekat pada Allah didalamnya ada kesembuhan bagi pencari hikmah diantara manusia. Kopi diharamkan bagi orang bodoh dan mengatakan keharamannyadengan keras kepala."


Al Imam Ibnu Hajar Al Haitami ;

ثم اعلم ايها القلب المكروب أن هذه القهوه قد جعلها اهل الصفاء مجلبة للأسرار مذهبة للأكدار وقد اختلف في حلها اولا وحاصل ما رجحه ابن حجر في شرح العباب بعد ان ذكر أنها حدثت في اول قرن العاشر . ان للوسائل حكم المقاصد ،فمهما
طبخت للخير كانت منه وبالعكس فافهم الأصل

"Lalu ketahuilah duhai hati yang gelisah bahwa kopi ini telah dijadikan oleh Ahli shofwah (orang orang yang bersih hatinya) sebagai pengundang akan datangnya cahaya dan rahasia Tuhan, penghapus kesusahan. meskipun di ikhtilafkan oleh para 'ulama.
 


SEJARAH TENTANG KOPI

Imam Najmuddin al-Ghozzi berkata dalam kitab al-Kawaqib As-Syairah Fi A'yan al-Miah al-A'syiroh bahwa : Orang yang pertama kali menjadikan kebiasaan minum kopi sebagai minuman berkhasiat adalah Syaikh Al-Habib Abi Bakr Bin Abdulla
h Al-Aydrus (Shohibul Rotib Qubro Al-Aydrus), Beliau membuat racikan kopi dari buah pohon Bun.

Sayyidil Al-Habib Abdurrohman bin Muhammad bin Abdurrohman bin Muhammad Al-Husainy al-Hadramy dari marga Al-Aydrus (1070 H-1113 H) mengatakan dalam kitabnya Iinaasush Shofwah bi Anfaasil Qohwah : Biji kopi baru ditemukan pada akhir abad VIII H di Yaman oleh penemu kopi Mukha, Al-Imam Sayyidina Abul Hasan Ali Asy-Syadzili bin Umar bin Ibrahim bin Abi Hudaimah Muhammad bin Abdulloh bin al-Faqih Muhammad Disa'in (nasabnya bersambung hingga kepada seorang sahabat bernama Kholid bin Asad bin Abil Ish bin Umayyah al-Akbar bin Abdi Syams bin Abdi Manaf bin Qushay).

Beliau adalah pengikut tharekat/Thoriqoh Syadziliyah, bukan pendirinya (karena pendiri tharekat/thoriqoh Syadziliyah, Al-Imam Qutb Sayyidina Abi Hasan Asy-Syadzili bin Abdullah bin Abdul Jabbar Al-Hasani Asy-Syadziliyi Ra bersambung Nasab kepada Sayyidina Rosulillahi Saw telah wafat pada tahun 828 H)

Dalam penemuan biji kopi, Imam Abul Hasan Asy-Syadzili mendahului Imam Abu Bakr al-Aydrus. Sehingga Imam Abul Hasan adalah penemu biji kopi, sedangkan Imam Abu Bakr Al-Aydrus adalah penyebar kopi di berbagai tempat.

Beliau menggubah syair mengenai kopi sebagai berikut : Wahai orang-orang yang asyik dalam cinta sejati denganNya, kopi membantuku mengusir kantuk.

Dengan pertolongan Allah Swt, kopi menggiatkanku ta,at beribadah kepadaNya di kala orang-orang sedang terlelap.

Qahwah (kopi) :
Qof' adalah quut (makanan)
Ha' adalah hudaa (petunjuk)
Wawu' adalah wud (cinta)
Dan 'ha' adalah hiyam (pengusir kantuk)

Janganlah kau mencelaku karena aku minum kopi, sebab kopi adalah minuman para junjungan yang mulia.

Syaikh Al-Habib Abu Bakr bin Abdulloh al-Aydrus berkata tentang kopi yang digemarinya : Wahai qahwatul bunn (kopi)
Huruf 'Qof' di awalmu adalah quds (kesucian)
Huruf kedua 'ha' adalah hudaa (petunjuk)
Huruf ketiga adalah Wawu.
Huruf keempat adalah Ha, berikutnya 'alif' adalah ulfah (keakraban), Lam' sesudahnya adalah lutfh (belas kasih dari Allah). Ba' adalah basth (kelapangan), dan Nun adalah nur (cahaya).

Oh kopi, kau laksana purnama yang menerangi cakrawala.
Imam Hamzah bin Abdullah bin Muhammad an-Nasyiriy al-Yamaniy asy-Syafi’I, penduduk Zabid (832 H-936 H) adalah seorang sastrawan ulung yang ahli tumbuh-tumbuhan.

Dia menggubah seribu bait nadzom mengenai kemu'jizatan al-Qur'an, menulis kumpulan fatwa, dan menggubah nadzom lebih dari 80 bait mengenai manfaat kopi, yang antara lain isinya adalah kopi bisa membangkitkan semangat seseorang dan mengantarkannya mencapai kesuksesan.

Disebutkan dalam kitab Al-Linas bahwa huruf 'ba' dan 'nun' pada kata bunn (kopi), masing-masing berarti bidayah (permulaan) dan nihayah (akhir/puncak), yakni mengantarkan seseorang dari awal langkah hingga akhir/sampai sukses.
Nah, demikian uraian tentang kegemaran dan sanjungan ulama Sufi akan kopi, manfaat, serta falsafah tentangnya.
 


HUKUM DAN MANFAAT KOPI

PERTANYAAN :
assalamu'alaikum mohon bimbingannya tentang hadist ini:

وذكر رضي الله عنه عن شيخه الحبيب أبي بكر بن عبد الله العطاس أنه قال : كان السيد أحمد علي بحر القديمي يجتمع مع رسول الله يقظة ، فقال ك يا رسول الله أريد أن أسمع منك حديثاً بلا واسطة . فقال له صلى الله عليه وسلم أحدثك بثلاثة أحاديث : الأول ، ما زال ريح قهوة البن في فم الإنسان تستغفر له الملائكة


Sayyid ahmad bin ali bahr al qadimi bertemu dgn Nabi SAW dlm keadaan terjaga,ia berkata pada nabi saw: "wahai rosulullah aku ingin mendengar hadits darimu tanpa perantara", Nabi saw kemudian bersabda:"Aku akan memberimu 3 hadits
1.SELAMA BAU BIJI KOPI INI MASIH TERCIUM AROMANYA DIMULUT SESEORANG MAKA SELAMA ITU PULA PARA MALAIKAT AKAN BERISTIGHFAR (MEMINTAKAN AMPUN) UNTUKMU.
(pertanyaan 1,apa hikmahnya..... 2,penjabarannya.....
3,apa cuma asal minum..... ???)
terima kasih.....wassalamu'alaikum..

JAWABAN :
Hukum asal ngopi adalah halal,namun bisa berubah sesuai tujuannya. apabila ngopi dgn tujuan dapat membantu melakukan ibadah maka hukumnya sunah.jika tujuannya dapat membantu melakukan perkara mubah maka hukumnya mubah/boleh.jka tujuannya unt membantu melakukan perkara makruh maka hukumnya makruh.dan bila dgn tujuan unt membantu melakukan perkara harom maka hukumnya harom. :

مسار الكتاب: » فتاوى الرملي » باب الشرب والتعزير إخفاء/ إظهار التشكيل إظهار/ إخفاء رقم المجلد والصفحة نتيجة سابقة نتيجة تالية " - الجزء الرابع -

" ( باب الشرب والتعزير ) ( سئل ) رحمه الله عن جماعة يشربون القهوة مجتمعين لا على وجه منكر بل يذكرون الله تعالى ويصلون على النبي صلى الله عليه وسلم بسبب أنها تعين على السهر في الخير فهل يحرم شربها لقول بعض إنها مسكرة أم لا وهل يعمل بقول الجم الغفير أنها غير مسكرة ولا مخدرة أم بقول عدد قليل بخلافه وهل يعمل بقول مستعملها بأنها غير مسكرة ولا مخدرة أم بقول غيرهم وهل تقاس على غيرها مما يحرم أو لا ؟ ( فأجاب ) بأنه يحل شربها ؛ لأن الأصل في الأعيان الحل ؛ لأنها مخلوقة لمنافع العباد ولآية ( قل لا أجد في ما أوحي إلي محرما ) ؛ ولأنها غير مسكرة ولا مخدرة فقد أخبرني جمع ممن أثق بهم" - ص 39 -" من طلبة العلم ممن استعملها أنها لا تسكر ولا تخدر ويقدم إخبار الجم الغفير على إخبار العدد القليل ، وإخبار مستعملها على إخبار غيرهم ولا يصح قياسها على غيرها في التحريم إلا إن وجد فيها علة حكم المقيس عليه من إسكار أو تخدير أو إضرار ، وقد تقدم أن ذلك غير موجود فيها ثم رأيت فتوى لبعض علماء اليمن وهو القاضي أحمد بن عمر المزجد اليمني أنها لا تغير العقل ، وإنما يحصل بها نشاط ، وروحنة وطيب خاطر لا ينشأ عنه ضرر بل ربما كان معونة على زيادة العمل فيتجه أن لها حكمه فإن كان ذلك العمل طاعة فتناولها طاعة أو مباحا فمباح فإن للوسائل حكم المقاصد ا هـ .

القهوة والدخان : سئل صاحب العباب الشافعي عن القهوة فاجاب للوسائل حكم المقاصد فان قصد للاعانة علي قربة كانت قربة او مباح فمباحة او مكروه فمكروهة او حرام فمحرمة. وأيده بعض الحنابلة علي هذا التفصيل وقال الشيخ مرعي بن يوسف الحنبلي صاحب غاية المنتهي ويجته حل شرب الدخان والقهوة. والأولي تركها لكل ذي مروءة

( الفقه الاسلامي وأدلته ج 6 ص 166-167)


Manfa'at ngopi :
1.selama bau biji kopi ini masih tercium aromanya dimulut seseorang maka selama itu pula para malaikat beristighfar (memintakan ampunan) untukmu
2.Barang siapa yg menyimpan tasbih untuk dibuat Berdzikir maka Allah akan mencatatnya sbg orang yg banyak berdzikir, baik ia menggunakan tasbihnya atau tidak
3.Barang siapa yg duduk bersama waliyullah yg hidup atau sudah wafat maka pahalanya sama saja dgn ia menyembah Allah di seluruh penjuru bumi.

Habib abu bakar bin abdulloh al atthos berkata :
" sesungguhnya tempat/rumah jika tinggalkan dalam keadaan sepi/kosong/suwung maka para jin akan menempatinya,,,,sedangkan rumah/suatu tempat yang dibiasakan membuat hidangan wedang kopi maka para jin tidak akan menempatinya dan tidak akan bisa mendekat alias mengganggu "

هذه هي الصوفية في حضرموت - للشيخعلي بابكر (ص: 56) وذكر رضي الله عنه عن شيخه الحبيب أبي بكر بن عبد الله العطاس أنه قال : كان السيد أحمد علي بحر القديمي يجتمع مع رسول الله يقظة ، فقال ك يا رسول الله أريد أن أسمع منك حديثاً بلا واسطة . فقال ك صلى الله عليه وسلم أحدثك بثلاثة أحاديث : الأول ، ما زال ريح قهوة البن في فم الإنسان تستغفر له الملائكة ، الثاني ، من اتخذ سبحة ليذكر الله بها كتب من الذاكرين الله كثيراً ، إن ذكر بها أو لم يذكر ، الثالث، من وقف بين يدي ولي لله حي أو ميت فكأنما عبد الله في زوايا الأرض حتى يتقطع إرباً أرباً. قال سيدي رضي الله عنه : وكان الحبيب أبو بكر بن عبد الله العطاس يقول : إن المكان الذي يُترك خالياً يسكنون فيه الجن ، والمكان الذي تفعل به القهوة لا يسكنونه الجن ولا يقربون


WALLOHU A'LAM

LINK DISKUSI :
https://www.facebook.com/groups/piss.ktb/permalink/767223689967108/
 

”̮ SEKELUMIT SEJARAH TENTANG KOPI ”̮
Imam Najmuddin al-Ghazziy Seorang pakar sejarah mencatatkan dalam kitab al-Kawakib as-Sairah Fi A'yan al-Miah al-A'syirah bahwa :
" Orang yang pertama kali menjadikan kebiasaan minum kopi sebagai minuman berkhasiat adalah syekh Abi Bakr Bin Abdullah Al-Aydrus , Beliau membuat racikan kopi dari buah pohon Bun."
Sayyid Abdurrohman bin Muhammad bin Abdurrohman bin Muhammad al-Husainy al-Hadramy dari marga Al-Aydrus (1070 H-1113 H) mengatakan dalam kitabnya Iinaasush Shofwah bi Anfaasil Qahwah:
" Biji kopi baru ditemukan pada akhir abad VIII H di Yaman oleh penemu kopi Mukha, Imam Abul Hasan Ali asy-Syadziliy bin Umar bin Ibrahim bin Abi Hudaimah Muhammad bin Abdulloh bin al-Faqih Muhammad Disa’in (nasabnya bersambung hingga kepada seorang sahabat bernama Khalid bin Asad bin Abil Ish bin Umayyah al-Akbar bin Abdi Syams bin Abdi Manaf bin Qushay).
Beliau adalah pengikut tarekat Syadziliyah, bukan pendirinya (karena pendiri tarekat Syadziliyah, Imam Abu Hasan asy-Syadziliy telah wafat pada tahun 828 H)."
Dalam penemuan biji kopi, Imam Abul Hasan Assadzili mendahului Imam Abu Bakr al-Aydrus. Sehingga Imam Abul Hasan adalah penemu biji kopi, sedangkan Imam Abu Bakr Al-Aydrus adalah penyebar kopi di berbagai tempat.
Beliau menggubah syair mengenai kopi sebagai berikut:
"Wahai orang-orang yang asyik dalam cinta sejati dengan-Nya, kopi membantuku mengusir kantuk
Dengan pertolongan Alloh, kopi menggiatkanku taat beribadah kepada-Nya di kala orang-orang sedang terlelap."
Qahwah (kopi) :
- 'qaf' adalah quut (makanan),
- 'ha' adalah hudaa (petunjuk),
- 'wawu' adalah wud (cinta),
- dan 'ha' adalah hiyam (pengusir kantuk).
" Janganlah kau mencelaku karena aku minum kopi, sebab kopi adalah minuman para junjungan yang mulia."
Syeikh Abu Bakr bin Abdulloh al-Aydrus berkata tentang kopi yang digemarinya:
"Wahai qahwatul bunn (kopi)! Huruf 'qaf' di awalmu adalah quds (kesucian), huruf kedua 'ha' adalah hudaa (petunjuk), dan huruf ketigamu adalah 'wawu'. Huruf keempatmu adalah 'ha', berikutnya 'alif' adalah ulfah (keakraban), 'lam' sesudahnya adalah lutfh (belas kasih dari Alloh).
'Ba' adalah basth (kelapangan), dan 'nun' adalah nur (cahaya).
Oh, kopi, kau laksana purnama yang menerangi cakrawala."
Imam Hamzah bin Abdullah bin Muhammad an-Nasyiriy al-Yamaniy asy-Syafi’I, penduduk Zabid (832 H-936 H) adalah seorang sastrawan ulung yang ahli tumbuh_tumbuhan.
Dia menggubah seribu bait nadzam mengenai kemukjizatan al-Qur”an, menulis kumpulan fatwa, dan menggubah nadzam lebih dari 80 bait mengenai manfaat kopi, yang antara lain isinya adalah kopi bisa membangkitkan semangat seseorang dan mengantarkannya mencapai kesuksesan.
Disebutkan dalam kitab Al-Linas bahwa huruf 'ba' dan 'nun' pada kata bunn (kopi), masing-masing berarti bidayah (permulaan) dan nihayah (akhir/puncak), yakni mengantarkan seseorang dari awal langkah hingga akhir/sampai sukses.
Nah,demikian uraian tentang kegemaran dan sanjungan ulama Sufi akan kopi, manfaat, serta falsafah tentangnya.

MINUM KOPI MALAIKAT AKAN BERISTIGFAR (meminta ampun) UNTUKMU

Assalamu'alaikum sahabat sahabatku yang dirahmati allah..,tahukan kalian bahwa peminum kopi akan didoakan oleh malaikat dan pada rumah yang biasa untuk membuat kopi akan terjaga dan tidak dimasuki oleh jin jika dalam keadaan kosong...pertama saya juga penasaran dengan pernyataan itu tp,setelah aku mendapatkan jawaban dan disertai referensi maka aku pun terkesan dan sungguh maha besar allah dengan segala ciptaanya..,sekecil apapun itu pasti ada manfaat dan faedahnya..,seperti contoh KOPI..,

berikut aku paparkan sebuah hadits dan perkataan ulamak yang aku dapat dari :yai muhajirin dan
yai sunde pati piss-ktb

beliau berkata :
Sayyid ahmad bin ali bahr al qadimi bertemu dgn Nabi muhammad SAW dlm keadaan terjaga,ia berkata pada nabi saw:"wahai rosulullah aku ingin mendengar hadits darimu tanpa perantara", Nabi muhammad saw kemudian bersabda:
"Aku akan memberimu 3 hadits
1.selama bau biji kopi ini masih tercium aromanya dimulut se2orang maka selama itu pula malaikat akan beristighfar [meminta ampun]untukmu.
2.Barangsiapa yg menyimpan tasbih untuk dibuat Berdzikir maka Allah akan mencatatnya sebagai orang yang banyak berdzikir,baik ia menggunakan tasbihnya atau tidak.
3.Barangsiapa yang duduk bersama waliyullah yang hidup atau yang sudah wafat maka pahalanya sama saja dengan ia menyembah Allah di seluruh penjuru bumi.
وكان الحبيب أبو بكر بن عبد الله العطاس يقول : إن المكان الذي يُترك خالياً يسكنون فيه الجن ، والمكان الذي تفعل به القهوة لا يسكنونه الجن ولا يقربونه
habib abu bakar bin abdulloh al atthos berkata ssungguhnya tempat/rumah kok tinggalkn dlm keadaan sepi/kosong/suwung maka para jin akan menempatinya,,,,sedangkan rumah/suatu tmpat yg mana disitu biasa mmbuat hidangan wedang kopi maka para jin gak akan bisa menempatinya dan gak akn bs mndekat alias mengganggu

Sumber :(kitab tadzirunnas hal 177 dan kitab At_tadzkir al- Musthafa li aulaadil musthafa waghairahum mimman ijtbaahu lloohwasthafa karangan alhabib Abu Bakar al-Atthas bin Abdullah bin alwy bin Zain Alhabsyi. hal 117)
ALLAHU A'LAMU BISH SHOWAB

file pdf nya kitab Al Linasush Shofwah bi Anfaasil Qahwah dan Kitab al-Kawakib as-Sairah Fi A'yan al-Miah al-A'syirah

Semoga bermanfaat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar