Kamis, 29 September 2016

Lafal takbiran

Sekedar mengingatkan, mulai hari ini kita sudah disunnahkan takbiran, istilahnya Takbir Muqoyyad, takbiran ini Sunnah dilakukan setiap selesai sholat fardhu mulai setelah shubuh Hari Arafah hingga setelah Ashar Hari terakhir Tasyriq. Dan bagaimana lafadz takbiran yang benar, baiknya kita ingat kisah nasehat Murabbi Ruhina Simbah KH. Maimoen Zubair yang saya kutip berikut ini ;

Menjelang hari raya, ada pesan penting dari Kyai kharismatik, KH.Maimun Zubair tentang bagaimana bertakbir yang benar. Kyai yang akrab dipanggil Mbah Maimun itu mengingatkan kita bahwa takbir yang dikumandangkan setiap merayakan hari raya selama ini ada yang kurang tepat.

Berawal ketika usai Sholat Isya’ di Musholla Al-Anwar ada takbir, para santri membaca takbir dan ketika sampai pada lafadl:

مخلصين له الدين ولو كره الكافرون…
Sebagian dari mereka menambahi dengan

مخلصين له الدين ولو كره الكافرون؛ ولو كره المشركون، ولو كره المنافقون…

Mbah Maimun yang waktu itu ada di ruang tamu dan mendengar, Beliau memanggil salah satu santri kemudian beliau menasihatinya:

“Cong, sing moco takbir kandani, lafale iku cukup ولو كره الكافرون, ojo muk tambahi ولو كره المنافقون. Yen pengen nambahi yo cukup ditambah ولو كره المشركون kerono sing kewarid nang qur’an iku mung loro, yoiku: ولو كره الكافرون karo ولو كره المشركون. Dene ولو كره المنافقون ora ono nang qur’an. Wong munafiq iku senajan haqiqote wong kafir, namung mlebu barisane wong islam, kerono iku ojo dimungsuhi senajan gething. Yen dimungsuhi, lak podo dene mungsuhan karo podo islame.”

Anak kecil yang lemah itu pun segera ke musholla dan membukakan buku kumpulan “Nubdzatul Anwar” pada hal “takbirul id” dan menyampaikan pesan sang Guru Besar kepada mereka.
(Akhir kutipan)
===========

الله أكبر الله أكبر الله أكبر
لا إله إلا الله والله أكبر
الله أكبر ولله الحمد
الله أكبر كبيرا والحمد لله كثيرا وسبحان الله بكرة وأصيلا ، لا إله إلا الله وحده ، صدق وعده ، ونصر عبده ، وأعز جنده وهزم الأحزاب وحده ، لا إله إلا الله ولا نعبد إلا إياه ، مخلصين له الدين ، ولو كره الكافرون (ولو كره المشركون) ، لا إله إلا الله والله أكبر ، الله أكبر ولله الحمد


Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar