Minggu, 08 Januari 2017

Asal usul do'a Qunut

Bacaan doa qunut dan asal-usulnya
Baiklah, kaami akan menyajikan bacaan doa qunut dan asal-usul bermulanya membaca doa qunut. Sebelum kita masuk dalam bacaan doa qunut maka alangkah bagusnya kita membahas asal usul kenapa qunut bisa diadakan. Qunut berawal dari apa yang dikatakan oleh Anas r.a bahwa “Telah datang suatu rombongan ke Nabi Muhammad Saw, rombongan dair orang-orang Arab Badawi itu datang untuk menemui Nabi Muhammad Saw, rombongan tersebut adalah rombongan dari ahli Najd, yaitu rakyat yang ada di pedalaman semenanjung tanah arab yang disebut sebagai Riyad. Mereka terdiri dari orang-orang badawi yang dipmpin oleh Abu Ubara’ itu datang ke Nabi Muhammad Saw, kemudian berkata hantarkan bersama kami beberapa orang yang bisa mengajar kami akan sunnah dan Al-Quran. Lalu Nabi Muhammad Saw mengantarkan kepada mereka sebanyak 70 orang laki-laki dari kalangan Anshor yang dikenali sebagai ahli Qurra’ yakni mereka yang mengaji dan membaca Al-Quran. Dari kalangan mereka, wahai bapa saudaraku (bapa saudara dari Anas r.a, yang adik beradik kepada ibunya) Haram bin Milham yang dimana mereka itu membaca Al Quran, dengan mempelajari di saat malam dan mengajinya dan ialah mereka tersebut di saat siang datang untuk mengangkut air dan mereka kemudian meletakkan air pada masjid dan mereka akan mencari kayu dan mereka kemudian menjualnya dan untuk membeli dengannya untuk makanan dan diberikan kepada ahli sufah (orang-orang yang faqir dan tak ada keluarga yang tinggal di daerah serambi rumah Nabi muhammad Saw seperti ABu Hurairah) dan orang-orang faqir lainnya. Maka Nabi Muhammad Saw mengantarkan mereka kepada golongan Qurra yakni orang Badawi. Kemudian mereka orang-orang Badawi yang kafir tersebut sudah melakukan terhadap mereka maka membunuh mereka sebelum sampai pada tempat yang akan dituju dan mereka berkata sebelum dibunuh: “Ya Allah Ya Tuhan kami, sampaikanlah berkenaan kami kepada Nabi bahwa kami sesungguhnya kami sudah menemui-Mu dan kami redha kepada Engkau dan Engkau ridha kepada kami” dan datanglah seseorang dari kalangan musuh sampai menembusnya. Lalu Haram mengatakan: “Aku sudah berjaya demi Tuhannya Kaabah”. Maka Rasulullah bersabda:”Seungguhnya wahai saudara-saudara kamu sudah dibunuh dan seungguhnya mereka sudah berdoa:”Wahai Tuhan kami, sampaikanlah berkenaan kami kepada Nabi bahwa kami sesungguhnya telah kami menemuoi ENgkau dan kami ridha kepada Engkau dan Engkau ridha kepada kami, Wahai Tuhan Kmi” (Hadits Riwayat al-Bukhari dan Muslim, dan ini lafaz muslim)

Kapan Pertama Kali Dibacakan Doa Qunut ?

Dalam sebuah hadits diriwayatkan bahwa awal mula dilakukannya pembacaan qunut oleh Rasulullah s.a.w. itu adalah ketika 40 orang atau 70 orang penghafal Qur;an dibantai oleh Bani Sulaim, Bani Ri’l dan Bani Dzakwan di dekat mata air Bir Ma’unah.

Telah menceritakan kepada kami Abu Ma’mar telah menceritakan kepada kami Abdul Warits telah menceritakan kepada kami Abdul Aziz dari Anas r.a., dia berkata : “Nabi s.a.w. pernah mengutus tujuhpuluh orang untuk suatu keperluan, mereka disebut sebagai qurra` (para ahli al Qur’an), mereka di hadang oleh penduduk dari bani Sulaim, Ri’l dan Dzakwan dekat mata air yang disebut dengan Bi’r Ma’unah, mereka berkata, “Demi Allah, bukan kalian yang kami inginkan, kami hanya ada perlu dengan Nabi s.a.w.” Mereka akhirnya membunuh para sahabat tersebut, maka Nabi s.a.w. mendo’akan kecelakan kepada mereka (Sulaim, Ri’l dan Dzakwan) selama sebulan pada shalat shubuh, itu adalah awal kali dilakukannya qunut, sebelumnya kami tida pernah melakukan do’a qunut.” (H.R. Bukhari No. 3779)

Telah menceritakan kepada kami Abdush Shamad dan ‘Affan keduanya berkata; telah menceritakan kepada kami Tsabit dari Hilal dari Ikrimah dari Ibnu Abbas, ia berkata; “Beliau pernah mengirim utusan kepada mereka untuk mengajak memeluk Islam, namun mereka justru membunuh utusan tersebut.” ‘Affan berkata dalam haditsnya, ia berkata; Ikrimah berkata; “Ini adalah permulaan qunut.” (H.R. Ahmad No. 2610)

Artinya sebenarnya awal mula doa qunut ini dilakukan karena kaum muslimin mendapat musibah. Salah besar dan dusta yang mengatakan bahwa doa qunut dibacakan pertama kali oleh madzhab tertentu. Kenyataannya hal ini telah dilakukan oleh Rasulullah s.a.w.

MENGAPA SUBUH ADA QUNUT

Ada sebagian pendapat yg menilai bahwa membaca doa qunut pada shalat subuh bid'ah , karena menurut nabi saw, tidak pernah menjalankanya ? untuk mengetahui kebenaranya perlu dijelaskan lebih jauh ... berikut sedikit penjelasan untuk membuka wawasan kita.

PENGRTIAN QUNUT
kata qunut berasal dari kata bahasa ARAB " قنت - ىقنث - قنوت " yg artinya ta'at atau tunduk.
Adapun Qunut menurut syara adalah : berdiri lama shalat dengan membaca Doa Qunut { Mu'jam al-Wasith II/671 }

Lafadh qunut diartikan khusyu dalam shalat , tersebut dalam Firman اللة "Peliharah segala shalatmu dan periharalah shalat wustha. berdirilah karena Allah dalam shalatmu dengan khusyu "{ al -Baqarah : 238 }
Anas bin Malik ra berkata :

انة صلة علىة وسلم زفع ىدىة فى القنو ت رواه البىهقى { سنن البىهق ٢١١}

"Adalah Nabi saw mengangkat kedua tanganya disaat membaca Do" a qunut" HR. Baihaqi { Sunan Baihaqi II/211 }
Aadapun dalil-dalil yang dianjurkan qunut
1. Nabi saw, dan para sahabatnya tidak pernah meninggalkan membaca Do'a Qunut pada setiap salat subuh hingga akhir hayatnya. Anas bin Malik ra berkata :

ان النبي صله عليه وسلم قنت شهرا يدعو عليهم ثم ترك فاما في الصبح فلم يزل يقنت حتى قارق الدنيا " زوهال بيهقي والدرقتني { المجمو ع ج٣ص٥٠٤}

" Sesungguhnya Nabi saw, Qunut nazilah sebulan penuh, kemudian beliau tinggalkan Qunut Nazilah tsbt, Adapun Qunut subuh beliau tidak meninggalkan sampai akhir hayatnya " HR. Baihaqi dan Daruquthny { al-Majmu' IV/504 }
2.Nabi saw, dan para sahabatnya setiap shalat subuh membaca Do'a qunut " Allahummahdinii fiiman hadait " dalam hadits dari Abu hurrairah ra, diceritakan

كا ن زسول الله صلله عليه وسلم اذا رفع رأسه من الركوع فى صلآة الصبح فىالركعة الثنا نية رفع يديه فيدعو بهذا الدعا ء " اللهم هد نى فيمن هديت إلى آخر " زواه الحا كم وصححه

" Adalah Nabi saw, bila bangub dari ruku' dalam shalat subuh pada rakaat yg kedua beliau mengangkat kedua tangannya maka beliau membaca do,a qunut " Allaahummahdinii fiiman hadait wa-'aafinii fiiman afait." { HR. Hakim }
3. Nabi saw, mengajarkan kpd Ibnu Abbas Do'a Qunut yg dibaca dalam setiap shalat subuh. dalam hadits dari Ibnu Abbas ra, diceritakan , ia berkata :

أن النبي صلله عليه وسلم كان يعلمهم هدا الدعاء ليدعوا به في القنوت من صلآة الصبح "رواه البيهقي ( سنن ليهقى ج٢ص٢١٠)

" sesungguhnya Nabi saw , mengajarkan do'a Qunut pada shalat subuh " HR. Baihaqi { sunan Baihaqi II/211}
4. Nabi saw, disaat membaca Do'a qunut pada shalat subuh beliau mengangkat kedua tanganya , sambil berdoa . dalam Hadits dari Anas bin malik ra, ia berkata :

أنه صل وسلم رفع يديه فى القنو ت "{ رواه البيهقى سنن البيهقى ج٢ص ٢١١}

" Nabi saw, mengangkat kedua tangannya disaat membaca Do'a Qunut subuh " HR Baihaqi { Sunan Baihaqi II/211 }
5. Nabi saw, dan para sahabatnya membaca doa Do'a Qunut dala shalat subuh dan juga shalat witir dengan Do'a Allaahummahdinii fiiman hadaita..." dalam Hadits Ibnu Abbas ra, ia diterangkan ia berkata :

أن النبي ص, يقنت فى صلاة الصبح وفى الو تر بهؤلاء كلما ت " اللهم هدني فيمن هد يت إلى آخره" رواه البيهق ( سنن البيهق ج٢ص٢١٠ )

" Nabi saw , membaca doa Qunut dalam shalat subuh dan pada shalat witir dan doa yg dibaca adalh : " Allaahummahdinii fiiman hadait...." HR Baihaqi { Sunan Baihaqi II/210 }

Tidak ada komentar:

Posting Komentar