Kamis, 29 Januari 2015

“ SAYYIDINA “

ANJURAN MENGUCAPKAN LAFADH “ SAYYIDINA“ SEBAGAI BENTUK “BER’ADZAB”, BERSUNBER DARI AL-QUR’AN DAN AL-HADIST, JUGA PENDAPAT PARA ULAMA’ DIANTARANYA :

ﺍﻷﻭﻟﻰ ﺫﻛﺮﺍﻟﺴﻴﺎﺩﺓ ﻷﻥ ﺍﻻﻓﻀﻞ ﺳﻠﻮﻙ ﺍﻻﺩﺏ.
Yang pertama menyebut “ Sayyid “ karena lebih utama dengan jalan sopan santun. ( al-Bajuri, Juz 1 halaman 156 ).

Juga tersebut dalam kitab ( Nailul Author bagi Asy syaukani, pada juz ke 2 halaman 302 ).

ﻭﺷﺘﻬﺮﺕ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﺳﻴﺪﻧﺎ ﻗﺒﻞ ﻣﺤﻤﺪ
(ﺣﺎ ﺷﻴﺔ ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ  ١ /  ٢٦٨)
Dan telah masyhur fatwa yang mengatakan bahwa baik sekali di tambah perkataan “ Sayyidina “ sebelum menyebut nama Nabi Muhammad.( Hasyiyah tuhfah 1 halaman 268 ).

ﺍﻻﻭﻟﻰ ﺫﻛﺮ ﺍﻟﺴﻴﺎﺩﺓ ﻷﻥ ﺍﻷﻓﻀﻞ ﺳﻠﻮﻙ ﺍﻷﺩﺏ
(إﻋﺎ ﻧﺔ ﺍﻟﻄﺎ ﻟﺒﻴﻦ  ١ /  ١٦٩)
Dan adalah yang lebih baik mengucapkan “Sayyidina “ sebelum nama Nabi, karena yang afdhol adalah bersopan terhadap Nabi.
( I’anatut Tholoibin 1 halaman 169 )

ﻭﺍﻋﺘﻤﺪ ﺍﻟﺠﻼﻝ ﻟﻤﺤﻠﻲ ﺃﻱ ﻓﻰ ﻏﻴﺮ ﺷﺮﺣﻪ ﺃﻥ ﺍﻷﻓﻀﺎﻝ ﺯﻳﺎﺩﺗﻬﺎ ﻭﺃﻃﺎﻝ ﻓﻰ ﺫﻟﻚ
ﻭﻗﺎﻝ : ﺍﻥ ﺣﺪﻳﺚ ﻻ ﺗﺴﻴﺪﻭ ﻧﻲ ﻓﻰ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﺑﺎﻃﻞ
(ﺣﺎ ﺷﻴﺔ ﺗﺤﻔﺔ ﺍﻟﻤﺤﺘﺎﺝ)
Dan memegang teguh Syaikh Jalaluddin al-Mahalli akan fatwa yang menyatakan bahwasanya yang lebih afdhol adalah menanmbahkan “ Sayyidina “ Fatwa ini, diuraikan panjang lebar oleh beliau, tetapi bukan dalam kitabnya Syarah Manhaj.
Adapun Hadist yang menyatakan “Janganlah kamu “ber Sayyididina“ kepadaku dalam sembahyang “ adalah hadist mungkar yang di buat-buat, ya’ni hadist maudhuk”.
( Hasyiyah Tuhfah 1 halaman 368).

PENGARANG DAN PENSYARAH KITAB MANHAJ, KARANGAN “ IMAM NAWAWI “ BEGINI :

ﻧﻌﻢ .! ﻻ ﻳﻀﺮ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﻣﻴﻢ ﻓﻰ ﻋﻠﻴﻚ ﻭﻻ ﻳﺎﻧﺪﺍﺀ ﻗﺒﻞ ﺍﻳﻬﺎ ﻭﻻ ﻭﺣﺪﻩ ﻻﺷﺮﻳﻚ ﻟﻪ
ﺑﻌﺪ ﺃﺷﻬﺪ ﺃﻥ ﻻ ﺍﻟﻪ ﺍﻻ ﺍﻟﻠﻪ.ﻟﻮﺭﻭﺩﻫﺎ ﻓﻰ ﺭﻭﺍﻳﺔ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻟﻪ ﺷﻴﺨﻨﺎ ﻭﻻ ﺯﻳﺎﺩﺓ ﻋﺒﺪﻩ ﻣﻊ ﺭﺳﻮ ﻟﻪ
ﻭﻻ ﺯﻳﺎﺩﺓ " ﺳﻴﺪﻧﺎ " ﻗﺒﻞ ﻣﺤﻤﺪ . ﻫﻨﺎ ﻭﻓﻰ ﺍﻟﺼﻼ ﺓ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻻﺗﻴﺔ ﺑﻞ ﻫﻮ ﺃﻓﻀﻞ ﻷﻥ ﻓﻴﻪ ﺳﻠﻮﻙ  ﺍﻷ ﺩﺏ ﺍﻣﺘﺜﺎﻝ ﺍﻷﻣﺮ.
Ya ! Tidak merusak (dalam tasyahhud ) menambah huruf “ mim “ pada” alaika “, begitu juga menambah “ wahdahu “ laa syariikalah “ sesudah “ asyhadu an laa Ilaaha Illallaah”, begitujuga menambah “ abduhuu sebelum lafadz “warosuuluh” begitu juga menambah “ Sayyidinaa “ sebelum nama Mukhammad
( DALAMTASYAHHUD ATAU DALAM SHOLAWAT ), tetapi membaca ”Sayyidinaa” lebih afdhol dan kita sudah menjalankan perintah Nabi serentak dengan memuliakan dan menghormati Nabi.
( Qolyubi 1 halaman 167 ). Juga dijelaskan dalam kitab ( Sa’datut Durain halaman 11 ).

Jadi tidak benar tuduhan wahabi panambahan di dalamtahyat dikatakan bid’ah, “ sedangkan wahabi tidak sadar telah berbat bid’ah seperti taraweh membaca surat al-qur’an sampai khatam dalam satu bulan juga menetapkannya tidak ada perintah, juga do’a hatmil Qur’an yang di baca tak sedikitpun hadis yang menjelaskannya, juga bacaan “ robbanaa walakal hamdu yang dibaca keras belum ada conto secuilpun dari Nabi, jelas itu perbuatan bid’ah”.

Lihat dalam kumpulan fatwa ulama’ Wahabi ketika ditanya tentang hadist yang shaheh dalam bacaan Khatmol-Qur,an? apa jawa mereka,  “ Saya tidak mengetahui adanya dalil shaheh yang dapat dijadikan sandaran
untuk melakukan do’a Khatmil-Qur’an dalam sholat, baik dari sunnah Nabi ataupun sunnah sahabat. "Tappi kenapa dikerjakan”,
Tampaknya Wahabi ini ulama’nya saja “kuprul“ padahal hal ini sudah di jelaskan dalam kitab kumpulan fatwa Wahabi, seperti Ibnu Baz, Ustaimin, Abdullah al-Jibrin, Saleh bnu Fauzan
(Al-Bid’ah Wa al-Muhadzastat, 554 ).

Bahkan dalam kitab “ Dailami “ Yang bernama “ Musnadul Firdaus “ :

 (إﺫﺍ ﺻﻠﻴﺘﻢ ﻋﻠﻲ ﻓﺄﺣﺴﻨﻮﺍ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻓﺎﻧﻜﻢ ﻻﺗﺪﺭﻭﻥ ﻟﻌﻞ ﺫﻟﻚ ﻳﻌﺮﺽ ﻋﻠﻲ)
ﺃﺧﺮﺟﻬﺎ اﻟﺪﻳﻠﻤﻲ ﻓﻰ ﻣﺴﻨﺪ ﺍﻟﻔﺮﺩﻭﺱ ﻋﻦ ﺍﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ ﺭ.ﺽ
 Apabila kamu bersholawat kepadaku, maka ucapkanlah dengan sebaik-baiknya karena kamu tidak tahu bahwa mungkin sholawat itu di hadapkan kepadaku.
( Hadist ini dirowikan Dailami dalam kitab Musnadul Firdaus --- Sa’adatut Durain --- Karangan Ismail bin Yusuf Nabhani ---halaman 57 ).

Juga firman Allah SWA. :

ﻻﺗﺠﻌﻠﻮﺍ ﺩﻋﺎﺀ ﺍﻟﺮﺳﻮﻝ ﺑﻴﻨﻜﻢ ﻛﺪﻋﺎﺀ ﺑﻌﻀﻜﻢ ﺑﻌﻀﺎ
( ﺍﻟﻨﻮﺭ ٩)
Jaganlah kamu memanggil Rosul sebagaimana panggilan sesama kamu ( An-Nur : 63 ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar