Jumat, 14 Oktober 2016

Tawasul atau Tabarruk dalam Hadis .


Tawasul dalam Hadis
.

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَتَى مِنًى فَأَتَى الْجَمْرَةَ فَرَمَاهَا ثُمَّ أَتَى مَنْزِلَهُ بِمِنًى وَنَحَرَ ثُمَّ قَالَ لِلْحَلاَّقِ « خُذْ ». وَأَشَارَ إِلَى جَانِبِهِ الأَيْمَنِ ثُمَّ الأَيْسَرِ ثُمَّ جَعَلَ يُعْطِيهِ النَّاسَ

(رواه مسلم 3212)
“Rasulullah menyuruh tukang pangkas rambutnya, untuk mencukur rambut bagian kanan dan kirinya, lalu rambut-rambut itu dibagi-bagikannya kepada para sahabat” .
(HR Muslim No 3212)
.
Air Ludah Rasulullah

قَالَ فَوَاللَّهِ مَا تَنَخَّمَ رَسُولُ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - نُخَامَةً إِلاَّ وَقَعَتْ فِى كَفِّ رَجُلٍ مِنْهُمْ فَدَلَكَ بِهَا وَجْهَهُ وَجِلْدَهُ (رواه البخارى 70و 2731)

“Miswar dan Marwan berkata: Demi Allah Setiap Rasulullah r berdahak, pasti dahak beliau jatuh ke tangan salah seorang sahabat, lalu ia gosokkan ke wajah dan kulitnya.
(HR Bukhari No 70 dan 2731)
.

عَنْ عَائِشَةَ زَوْجِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ يُؤْتَى بِالصِّبْيَانِ فَيُبَرِّكُ عَلَيْهِمْ وَيُحَنِّكُهُمْ (رواه مسلم 688)

“Diriwayatkan dari Aisyah bahwa bayi-bayi didatangkan kepada RAsulullah Saw kemudian beliau mendoakan berkah dan memamah makanan kepada mereka” .
(HR Muslim No 688)
.

وعن ملك بن حمزة بن أبي أسيد الساعدي الخزرجي عن أبيه عن جده أبي أسيد وله بئر بالمدينة يقال لها بئر بضاعة قد بصق فيها النبي صلى الله عليه وسلم فهي يعشر بها ويتيمن بها. قلت ويأتي بتمامه في التفسير في سورة البقرة إن شاء الله. رواه الطبراني في الكبير ورجاله ثقات (مجمع الزوائد ومنبع الفوائد - ج 2 / ص 37)

“Para sahabat y bertabaruk dengan air sumur Budha’ah di Madinah, yang pernah diludahi oleh Nabi “ .
(HR Thabrani, para perawinya terpercaya)
.

(عن أَبِى مُوسَى وَبِلاَلٍ) ثُمَّ دَعَا بِقَدَحٍ فِيهِ مَاءٌ فَغَسَلَ يَدَيْهِ وَوَجْهَهُ فِيهِ ، وَمَجَّ فِيهِ ، ثُمَّ قَالَ « اشْرَبَا مِنْهُ ، وَأَفْرِغَا عَلَى وُجُوهِكُمَا وَنُحُورِكُمَا ، وَأَبْشِرَا » . فَأَخَذَا الْقَدَحَ فَفَعَلاَ (رواه البخارى 4328 ومسلم 6561)

“Rasulullah Saw menyuruh kepada Abu Musa dan Bilal untuk mengambil tempat air, lalu beliau membasuh kedua tangan dan wajahnya dan memuntahkan air kumur ke wadah tersebut dan beliau bersabda: Minumlah oleh kalian, siramkan ke wajah dan leher kalian, dan bersenanglah. Kemudian dua sahabat itu melakukannya” .
(HR Bukhari 4328 -Muslim No 6561)

وَالْغَرَض بِذَلِكَ إِيجَاد الْبَرَكَة بِرِيقِهِ الْمُبَارَك (فتح الباري لابن حجر - ج 1 / ص 300)

al-Hafidz Ibnu Hajar berkata: “Tujuan diatasnya karena adanya berkah dari ludah Rasulullah yang mengandung berkah”.
(Fath al-Baari 1/300)


Imam Bukhari membuat Bab Khusus dari benda-benda peninggalan Rasulullah yang dicari berkahnya oleh para Sahabat, bahkan para Khalifah yang mendapat jaminan masuk surga. Imam Bukhari mencantumkan beberapa hadis terhitung dari No 3106 – 3112:

5 - باب مَا ذُكِرَ مِنْ دِرْعِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - وَعَصَاهُ وَسَيْفِهِ وَقَدَحِهِ وَخَاتَمِهِ . وَمَا اسْتَعْمَلَ الْخُلَفَاءُ بَعْدَهُ مِنْ ذَلِكَ مِمَّا لَمْ يُذْكَرْ قِسْمَتُهُ ، وَمِنْ شَعَرِهِ وَنَعْلِهِ وَآنِيَتِهِ ، مِمَّا يَتَبَرَّكُ أَصْحَابُهُ وَغَيْرُهُمْ بَعْدَ وَفَاتِهِ .

(صحيح البخارى - ج 11 / ص 204)


“BAB YANG MENYEBUTKAN TENTANG BAJU PERANG NABI SAW, TONGKATNYA, PEDANGNYA, TEMPAT MINUMNYA DAN CINCINNYA, DAN YANG DIPAKAI OLEH PARA KHALIFAH SETELAH BELIAU, YANG TERDIRI DARI HAL-HAL YANG TIDAK DISEBUT PEMBAGIANNYA, JUGA TENTANG RAMBUT NABI, SANDALNYA DAN WADAH MAKANANNYA, YANG BERUPA BENDA-BENDA YANG DICARI BERKAHNYA OLEH PARA SAHABAT DAN LAINNYA SETELAH WAFATNYA NABI” .
(Sahih Bukhari 11/204)

Asma’ Binti Abu Bakar dengan Jubah Nabi

َقَالَتْ (أَسْمَاءُ) هَذِهِ كَانَتْ عِنْدَ عَائِشَةَ حَتَّى قُبِضَتْ فَلَمَّا قُبِضَتْ قَبَضْتُهَا وَكَانَ النَّبِىُّ -صلى الله عليه وسلم- يَلْبَسُهَا فَنَحْنُ نَغْسِلُهَا لِلْمَرْضَى يُسْتَشْفَى بِهَا. (رواه مسلم 5530 والبخاري في كتابه المفرد في اِلأدب كان يلبسها للوفد وللجمعة)


“Asma’ binti Abu Bakar berkata: “Jubah ini (pada mulanya) dipegang oleh Aisyah sampai ia wafat. Setelah wafat saya ambil jubah tersebut. Rasulullah e memakai jubah ini. Kami membasuhnya untuk orang-orang yang sakit, kami mengharap kesembuhan melalui jubah tersebut”.
(HR. Abu Dawud dan Muslim. Sedangkan riwayat al-Bukhari dalam al-Adab al-Mufrad dijelaskan bahwa Rasulullah memakai jubah tersebut untuk menemui tamu dan salat Jumat)

.

Ummi Salamah dengan Rambut Nabi Saw

أَرْسَلَنِى أَهْلِى إِلَى أُمِّ سَلَمَةَ بِقَدَحٍ مِنْ مَاءٍ - وَقَبَضَ إِسْرَائِيلُ ثَلاَثَ أَصَابِعَ - مِنْ فِضَّةٍ فِيهِ شَعَرٌ مِنْ شَعَرِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - وَكَانَ إِذَا أَصَابَ الإِنْسَانَ عَيْنٌ أَوْ شَىْءٌ بَعَثَ إِلَيْهَا مِخْضَبَهُ ، فَاطَّلَعْتُ فِى الْجُلْجُلِ فَرَأَيْتُ شَعَرَاتٍ حُمْرًا

(رواه البخارى 5896)


“Ummi Salamah memiliki rambut Rasulullah Saw. Jika orang yang terkena penyakit, maka mendatang Ummi Salamah dengan membawa wadah (untuk mengobati). dan saya melihat di dalamnya ada beberapa rambut merah”.
(HR Bukhari No 5896)

.

Muawiyah Dengan Jubah, Sarung, Serban dan Rambut Nabi Saw

وكان عنده قميص رسول الله ( صلى الله عليه وسلم ) وإزاره ورداؤه وشعره فأوصاهم عند موته فقال كفنوني في قميصه وأدرجوني في ردائه وآزروني بإزاره واحشوا منخري وشدقي بشعره وخلوا بيني وبين رحمة أرحم الراحمين كان حليما

(تاريخ دمشق - ج 59 / ص 61)


“Mu’awiyah memiliki gamis Rasulullah, sarungnya, serbannya dan rambutnya. Muawiyah berwasiat agar benda-benda ia dijadikan kain kafan baginya”
(al-Hafidz Ibnu Asakir, 56/61)

.

Muhammad bin Sirin Dengan Rambut Nabi Saw

عَنِ ابْنِ سِيرِينَ قَالَ قُلْتُ لِعَبِيدَةَ عِنْدَنَا مِنْ شَعَرِ النَّبِىِّ - صلى الله عليه وسلم - أَصَبْنَاهُ مِنْ قِبَلِ أَنَسٍ ، أَوْ مِنْ قِبَلِ أَهْلِ أَنَسٍ فَقَالَ لأَنْ تَكُونَ عِنْدِى شَعَرَةٌ مِنْهُ أَحَبُّ إِلَىَّ مِنَ الدُّنْيَا وَمَا فِيهَا (رواهالبخارى 170)


“Saya berkata kepada Abidah bahwa kami memiliki rambut Rasulullah, kami mendapatkannya dari Anas atau keluarga Anas. ia berkata: Sungguh saya memiliki 1 helai rambut Rasulullah lebih saya senangi daripada dunia dan isinya” .
(HR Bukhari 170)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar