Selasa, 10 Februari 2015

Nishfu Sya’ban hadisnya dlaif atau palsu kata Wahabi

‎Ulama Wahabi banyak menilai hadis-hadis
Nishfu Sya’ban adalah hadis dlaif atau palsu.
Seperti kata Syaikh Utsaimin:
ﺍﻟﺼَّﺤِﻴْﺢُ ﺃَﻥَّ ﺟَﻤِﻴْﻊَ ﻣَﺎ ﻭَﺭَﺩَ ﻓَﻀْﻞَ ﻟَﻴْﻠَﺔِ ﺍﻟﻨِّﺼْﻒِ ﻣِﻦْ
ﺷَﻌْﺒَﺎﻥَ ﺿَﻌِﻴْﻒٌ ﻟَﺎ ﺗَﻘُﻮْﻡُ ﺑِﻪِ ﺣُﺠَّﺔٌ ﻭَﻣِﻨْﻬَﺎ ﺃَﺷْﻴَﺎﺀٌ ﻣَﻮْﺿُﻮْﻋَﺔٌ
)ﻟﻘﺎﺀﺍﺕ ﺍﻟﺒﺎﺏ ﺍﻟﻤﻔﺘﻮﺡ – ﺝ / 115 ﺹ 18 )
“Pendapat yang benar bahwa semua hadis
yang menjelaskan keutamaan malam Nishfu
Sya’ban adalah hadis dlaif, tidak bisa
dijadikan hujjah. Sebagiannya adalah hadis
palsu” (Liqaat al-Bab al-Maftuh 115/18).
Begitu pula Syaikh Bin Baz melalui Komisi
Fatwa:
ﻭَﺑِﺎﻟْﺠُﻤْﻠَﺔِ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻟَﻢْ ﻳَﺼِﺢَّ ﺷَﻲْﺀٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄَﺣَﺎﺩِﻳْﺚِ ﺍﻟَّﺘِﻲ
ﻭَﺭَﺩَﺕْ ﻓِﻲ ﻓَﻀِﻴْﻠَﺔِ ﺇِﺣْﻴَﺎﺀِ ﻟَﻴْﻠَﺔِ ﺍﻟﻨِّﺼْﻒِ ﻣِﻦْ ﺷَﻌْﺒَﺎﻥَ
ﻭَﺻَﻮْﻡِ ﻳَﻮْﻣِﻬَﺎ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟْﻤُﺤَﻘِّﻘِﻴْﻦَ ﻣِﻦْ ﻋُﻠَﻤَﺎﺀِ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳْﺚِ
)ﻓﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﻠﺠﻨﺔ ﺍﻟﺪﺍﺋﻤﺔ ﻟﻠﺒﺤﻮﺙ ﺍﻟﻌﻠﻤﻴﺔ ﻭﺍﻹﻓﺘﺎﺀ – ﺝ
/ 4 ﺹ 279 )“
Secara umum, tidak ada sedikitpun hadis
sahih yang menjelaskan keutamaan
menghidupkan malam Nishfu Sya’ban dan
puasa siang harinya, menurut ulama ahli
tahqiq dari kalangan ahli hadis” (Fatawa al-
Lajnah ad-Daimah lil Buhuts al-Ilmiyah wa al-
Ifta’ 4/279)
Benarkah pernyataan kedua ulama ini?
Bagaimana dengan hadis berikut:
” ﻳَﻄَّﻠِﻊُ ﺍﻟﻠﻪُ ﺗَﺒَﺎﺭَﻙَ ﻭَﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺇِﻟَﻰ ﺧَﻠْﻘِﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔَ ﺍﻟﻨِّﺼْﻒِ ﻣِﻦْ
ﺷَﻌْﺒَﺎﻥَ ﻓَﻴَﻐْﻔِﺮُ ﻟِﺠَﻤِﻴْﻊِ ﺧَﻠْﻘِﻪِ ﺇِﻻَّ ﻟِﻤُﺸْﺮِﻙٍ ﺃَﻭْ ﻣُﺸَﺎﺣِﻦٍ . ”
ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﺑﺮﻗﻢ ، 5665 ﻭﺍﻟﻄﺒﺮﺍﻧﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮ
ﺑﺮﻗﻢ ،215 ﻭﺃﺑﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﻠﻴﺔ، 5/191، ﻭﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻲ
ﻓﻲ ﺷﻌﺐ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﺑﺮﻗﻢ 6628 “
Allah melihat makhluknya dengan penuh
rahmat di malam Nishfu Sya’ban. Maka Allah
akan mengampuni semua makhluknya,
kecuali orang musyrik ada orang yang
bermusuhan” (HR Ibnu Hibban No 5665,
ath-Thabrani dalam al-Kabir No 215, Abu
Nuaim dalam al-Hilyah 5/191 dan al-Baihaqi
dalam Syu’ab al-Iman No 6628)
Bagaimana pendapat ahli hadis
‘kontemporer'( muhaddist ‘kesiangan’) dari
golongan Wahabi? Syaikh Albani berkata:
ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟْﺄَﻟْﺒَﺎﻧِﻲ ﻓِﻲ ” ﺍﻟﺴِّﻠْﺴِﻠَﺔِ ﺍﻟﺼَّﺤِﻴْﺤَﺔِ : 135 / 3 ”
ﺣَﺪِﻳْﺚٌ ﺻَﺤِﻴْﺢٌ ، ﺭُﻭِﻱَ ﻋَﻦْ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔٍ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺼَّﺤَﺎﺑَﺔِ ﻣِﻦْ
ﻃُﺮُﻕٍ ﻣُﺨْﺘَﻠِﻔَﺔٍ ﻳَﺸُﺪُّ ﺑَﻌْﻀُﻬَﺎ ﺑَﻌْﻀًﺎ ﻭَﻫُﻢْ ﻣُﻌَﺎﺫُ ﺑْﻦُ ﺟَﺒَﻞٍ
ﻭَﺃَﺑُﻮْ ﺛَﻌْﻠَﺒَﺔَ ﺍﻟْﺨُﺸَﻨِﻲ ﻭَﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺑْﻦُ ﻋَﻤْﺮٍﻭ ﻭَﺃَﺑُﻮْ ﻣُﻮْﺳَﻰ
ﺍﻟْﺄَﺷْﻌَﺮِﻱ ﻭَﺃَﺑُﻮْ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﻭَﺃَﺑُﻮْ ﺑَﻜْﺮِ ﺍﻟﺼِّﺪِّﻳْﻖُ ﻭَﻋَﻮْﻑُ ﺑْﻦُ
ﻣَﺎﻟِﻚٍ ﻭَﻋَﺎﺋِﺸَﺔُ .
“Ini adalah HADIS SAHIH. Diriwayatkan dari
banyak sahabat dengan jalur riwayat yang
berbeda-beda, yang saling menguatkan.
Mereka adalah Muadz bin Jabal, Abu
Tsa’labah al-Khusyani, Abdullah bin Amr, Abu
Musa al-Asy’ari, Abu Hurairah, Abu Bakar
ash-Shiddiq, Auf bin Malik dan Aisyah” (as-
Silsilah ash-Shahihah 3/135) Di hadis sahih
ini jelas Allah memberi keutamaan khusus
yang berbeda dengan malam-malam yang
lain, yakni “Allah melihat makhluknya
dengan penuh rahmat”. Kemudian Allah
akan memberi ampunan. Apakah orang
yang di malam Nishfu Sya’ban berdoa
bersama meminta ampunan disebut bid’ah?
Bagi para ‘pengekor buta’ Wahabi lebih
percaya Syaikh Albani atau Syaikh Utsaimin-
Bin Baz?‎

Ulama Wahabi banyak menilai hadis-hadis
Nishfu Sya’ban adalah hadis dlaif atau palsu.
Seperti kata Syaikh Utsaimin:

ﺍﻟﺼَّﺤِﻴْﺢُ ﺃَﻥَّ ﺟَﻤِﻴْﻊَ ﻣَﺎ ﻭَﺭَﺩَ ﻓَﻀْﻞَ ﻟَﻴْﻠَﺔِ ﺍﻟﻨِّﺼْﻒِ ﻣِﻦْ ﺷَﻌْﺒَﺎﻥَ ﺿَﻌِﻴْﻒٌ ﻟَﺎ ﺗَﻘُﻮْﻡُ ﺑِﻪِ ﺣُﺠَّﺔٌ ﻭَﻣِﻨْﻬَﺎ ﺃَﺷْﻴَﺎﺀٌ ﻣَﻮْﺿُﻮْﻋَﺔٌ

(ﻟﻘﺎﺀﺍﺕ ﺍﻟﺒﺎﺏ ﺍﻟﻤﻔﺘﻮﺡ – ﺝ / 115 ﺹ 18)

“Pendapat yang benar bahwa semua hadis yang menjelaskan keutamaan malam Nishfu Sya’ban adalah hadis dlaif, tidak bisa dijadikan hujjah. Sebagiannya adalah hadis palsu” (Liqaat al-Bab al-Maftuh 115/18).
 

Begitu pula Syaikh Bin Baz melalui Komisi Fatwa:

ﻭَﺑِﺎﻟْﺠُﻤْﻠَﺔِ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻟَﻢْ ﻳَﺼِﺢَّ ﺷَﻲْﺀٌ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺄَﺣَﺎﺩِﻳْﺚِ ﺍﻟَّﺘِﻲ ﻭَﺭَﺩَﺕْ ﻓِﻲ ﻓَﻀِﻴْﻠَﺔِ ﺇِﺣْﻴَﺎﺀِ ﻟَﻴْﻠَﺔِ ﺍﻟﻨِّﺼْﻒِ

ﻣِﻦْ ﺷَﻌْﺒَﺎﻥَ ﻭَﺻَﻮْﻡِ ﻳَﻮْﻣِﻬَﺎ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟْﻤُﺤَﻘِّﻘِﻴْﻦَ ﻣِﻦْ ﻋُﻠَﻤَﺎﺀِ ﺍﻟْﺤَﺪِﻳْﺚِ

(ﻓﺘﺎﻭﻯ ﺍﻟﻠﺠﻨﺔ ﺍﻟﺪﺍﺋﻤﺔ ﻟﻠﺒﺤﻮﺙ ﺍﻟﻌﻠﻤﻴﺔ ﻭﺍﻹﻓﺘﺎﺀ – ﺝ/ 4 ﺹ 279 )

Secara umum, tidak ada sedikitpun hadis sahih yang menjelaskan keutamaan menghidupkan malam Nishfu Sya’ban dan puasa siang harinya, menurut ulama ahli tahqiq dari kalangan ahli hadis” (Fatawa al- Lajnah ad-Daimah lil Buhuts al-Ilmiyah wa al-Ifta’ 4/279)
 

Benarkah pernyataan kedua ulama ini?
Bagaimana dengan hadis berikut:


Allah melihat makhluknya dengan penuh rahmat di malam Nishfu Sya’ban. Maka Allah akan mengampuni semua makhluknya, kecuali orang musyrik ada orang yang bermusuhan” (HR Ibnu Hibban No 5665,
ath-Thabrani dalam al-Kabir No 215, Abu Nuaim dalam al-Hilyah 5/191 dan al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman No 6628)



” ﻳَﻄَّﻠِﻊُ ﺍﻟﻠﻪُ تباﺭَﻙَ ﻭَﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺇِﻟَﻰ ﺧَﻠْﻘِﻪِ ﻟَﻴْﻠَﺔَ ﺍﻟﻨِّﺼْﻒِ ﻣِﻦْ ﺷَﻌْﺒَﺎﻥَ ﻓَﻴَﻐْﻔِﺮُ ﻟِﺠَﻤِﻴْﻊِ ﺧَﻠْﻘِﻪِ ﺇِﻻَّ ﻟِﻤُﺸْﺮِﻙٍ ﺃَﻭْ ﻣُﺸَﺎﺣِﻦٍ ”

ﺃﺧﺮﺟﻪ ﺍﺑﻦ ﺣﺒﺎﻥ ﺑﺮﻗﻢ ، 5665

ﻭﺍﻟﻄﺒﺮﺍﻧﻲ ﻓﻲ ﺍﻟﻜﺒﻴﺮﺑﺮﻗﻢ ،215

ﻭﺃﺑﻮ ﻧﻌﻴﻢ ﻓﻲ ﺍﻟﺤﻠﻴﺔ، 5/191،

ﻭﺍﻟﺒﻴﻬﻘﻲ ﻓﻲ ﺷﻌﺐ ﺍﻹﻳﻤﺎﻥ ﺑﺮﻗﻢ 6628 “


Bagaimana pendapat ahli hadis ‘kontemporer'( muhaddist ‘kesiangan’) dari golongan Wahabi? Syaikh Albani berkata:

ﻗَﺎﻝَ ﺍﻟْﺄَﻟْﺒَﺎﻧِﻲ ﻓِﻲ ” ﺍﻟﺴِّﻠْﺴِﻠَﺔِ ﺍﻟﺼَّﺤِﻴْﺤَﺔِ : 135 / 3 ”

ﺣَﺪِﻳْﺚٌ ﺻَﺤِﻴْﺢٌ ، ﺭُﻭِﻱَ ﻋَﻦْ ﺟَﻤَﺎﻋَﺔٍ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺼَّﺤَﺎﺑَﺔِ ﻣِﻦْ ﻃُﺮُﻕٍ ﻣُﺨْﺘَﻠِﻔَﺔٍ ﻳَﺸُﺪُّ ﺑَﻌْﻀُﻬَﺎ ﺑَﻌْﻀًﺎ ﻭَﻫُﻢْ ﻣُﻌَﺎﺫُ ﺑْﻦُ ﺟَﺒَﻞٍ ﻭَﺃَﺑُﻮْ ﺛَﻌْﻠَﺒَﺔَ ﺍﻟْﺨُﺸَﻨِﻲ ﻭَﻋَﺒْﺪُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺑْﻦُ ﻋَﻤْﺮٍﻭ ﻭَﺃَﺑُﻮْ ﻣُﻮْﺳَﻰ ﺍﻟْﺄَﺷْﻌَﺮِﻱ ﻭَﺃَﺑُﻮْ ﻫُﺮَﻳْﺮَﺓَ ﻭَﺃَﺑُﻮْ ﺑَﻜْﺮِ ﺍﻟﺼِّﺪِّﻳْﻖُ ﻭَﻋَﻮْﻑُ ﺑْﻦُ ﻣَﺎﻟِﻚٍ ﻭَﻋَﺎﺋِﺸَﺔُ .

“Ini adalah HADIS SAHIH. Diriwayatkan dari banyak sahabat dengan jalur riwayat yang berbeda-beda, yang saling menguatkan.
Mereka adalah Muadz bin Jabal, Abu Tsa’labah al-Khusyani, Abdullah bin Amr, Abu Musa al-Asy’ari, Abu Hurairah, Abu Bakar ash-Shiddiq, Auf bin Malik dan Aisyah” (as- Silsilah ash-Shahihah 3/135) 


Di hadis sahih ini jelas Allah memberi keutamaan khusus yang berbeda dengan malam-malam yang lain, yakni “Allah melihat makhluknya dengan penuh rahmat”. Kemudian Allah akan memberi ampunan. Apakah orang
yang di malam Nishfu Sya’ban berdoa bersama meminta ampunan disebut bid’ah?
 
Bagi para ‘pengekor buta’ Wahabi lebih percaya Syaikh Albani atau Syaikh Utsaimin-Bin Baz?

Terkait :

Al-Albani Akui Kesohihan Hadits Keutamaan Malam Ni...sfu Sa'ban

Tidak ada komentar:

Posting Komentar